Referensi Lengkap Budidaya LOBSTER

Persembahan dari Cianjur Lobster Farm (CLF)

Secara morfologi, spesies-spesies lobster air tawar termasuk dalam genus cherax, family parastacidae, ordodecapoda, kelas malacostraca, subfilum crustacea, dan filum arthopoda.

Lobster air tawar memiliki ciri-ciri morfologi tubuh yang terbagi menjadi 2 bagian yaitu kepala (chepalothorax) dan badan (abdomen). Di antara kepala bagian depan dan bagian belakang dikenal dengan nama sub-chepalothorax.

Cangkang yang menutupi kepala disebut karapak (carapace) yang berperan dalam melindungi organ tubuh, seperti otak, insang, hati dan lambung. Karapak berbahan zat tanduk atau kitin yang tebal dan merupakan nitrogen polisakarida yang disekresikan oleh kulit epidermis dan dapat mengelupas saat terjadi pergantian cangkang tubuh (molting).





Kepala / Chepalothorax

Badan / Abdomen





Ciri lain yang terdapat pada lobster air tawar adalah rostrumnya yang hampir berbentuk segitiga memipih, lebar dan terdapat duri disekeliling rostrum tersebut.

Dilihat dari organ tubuh luar, lobster air tawar memiliki beberapa alat pelengkap sebagai berikut:
  • sepasang antena yang berperan sebagai perasa dan peraba terhadap pakan dan kondisi lingkungan sekitarnya.
  • sepasang antanela untuk mencium pakan, satu mulut dan sepasang capit (celiped) yang lebar dengan ukuran lebih panjang dibandingkan dengan ruas dasar capitnya.
  • enam ruas badan (abdomen) agak memipih dengan lebar badan rata-rata hampir sama dengan lebar kepala.
  • satu ekor tengah (telson) memipih, sedikit lebar dan dilengkapi duri-duri halus yang terletak disemua bagian tepi ekor serta dua pasang ekor samping (uropod) yang memipih.
  • enam pasang kaki renang (pleopod) yang berperan dalam melakukan gerakan renang. Disamping sebagai alat untuk berenang, kaki renang pada induk betina yang sedang bertelur berfungsi untuk memberikan gerakan dengan tujuan meningkatkan kandungan oksigen terlarut disekitarnya, sehingga kebutuhan oksigen telur dan larva dapat terpenuhi. Kaki renang juga digunakan untuk membersihkan telur atau larva dari tumpukan kotoran yang terendap.
  • empat pasang kaki untuk berjalan (walking legs).

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Blog Ini

Blog ini memberikan informasi yang lengkap serta praktis tentang dunia lobster air tawar.

Apabila anda ingin mengetahui harga Bibit / Anakan / Indukan Lobster, kunjungi website CLF dibawah ini : http://www.cianjurlat.webs.com/

Dalam website ini, anda dapat mendownload semua bahasan dalam bentuk PDF.

Selamat belajar dan majulah bersama kami.

Apa Blog ini membuat anda puas ?

Blog Archive