Referensi Lengkap Budidaya LOBSTER

Persembahan dari Cianjur Lobster Farm (CLF)

Beberapa jenis lobster air tawar yang sukses dibudidayakan di Indonesia yaitu:

1. CHERAX QUADRICARINATUS

Paling banyak dibudidaya di Indonesia, memiliki nama lain Red Claw atau Yabby Queensland Utara. Dinamakan Red Claw karena lobster air tawar dewasa jenis ini mempunyai warna merah pada capit bagian luarnya, khususnya pada lobster air tawar jantan.

Mereka umumnya dijumpai di sungai-sungai di Dividing Range. Lobster air tawar dengan warna dasar hijau coklat ini, di daerah asalnya merupakan makanan penduduk setempat. Rasanya lezat bila disajikan dengan cara dibakar.

Cherax Quadricarinatus sangat mudah dibedakan dari cherax lainnya, dimana berdasarkan nama latinnya yaitu Quadricarinatus yang artinya mempunyai empat buah lunas (quadri=empat, carinatus = carinae, bentukan menyerupai lunas), seperti terlihat pada gambar disamping

2. CHERAX DESTRUCTOR (YABBY)

Cherax Destructor alias Yabby ini merupakan jenis lobster air tawar yang paling dikenal diantara 100 jenis lobster air tawar yang hidup di Australia. Mereka bisa dijumpai mulai dari daerah New South Wales hingga diseluruh dataran benua Australia. Sebaran yang luas menyebabkan mereka mampu beradaptasi mulai dari daerah dingin di danau-danau berair dingin pegunungan, hingga daerah beriklim panas.

Cherax Destructor boleh dikatakan merupakan makanan penduduk asli Australia (aborigin). Setidaknya hal tersebut telah dilakukan sejak 28.000 tahun lalu, berdasarkan temuan arkeologis setempat.

Yabby dapat dijumpai di danau, rawa-rawa, billabong, bendungan, saluran irigasi, dan sungai. Pada musim kering mereka akan bertahan hidup dengan cara membuat lubang didalam tanah. Bahkan mreka mampu membuat lubang hingga kedalaman 5 meter. Pada saat musim penghujan mereka kemudian keluar untuk mencari makan, melakukan perkawinan dan bermigrasi.

Di habitat asalnya, Yabby terkadang disalahkan sebagai penyebabnya runtuhnya bendungan. Hal ini biasanya terjadi bila dinding bendungan tersebut kurang dari 2 meter, dimana sering terjadi perubahan permukaan air, seperti yang biasanya terjadi di sawah.

3. PROCAMBARUS CLARKII

Berbeda dengan kedua genus cherax yang telah disebutkan diatas, genus Procambarus bukan berasal dari Australia. Keluarga Cambaridae merupakan keluarga lobster air tawar yang hidup di bagian lintang utara. Procambarus calrkii sendiri berasal dari daerah Amerika Utara, di Louisiana dan di Delta Missisippi.

Procambarus Clarkii mempunyai warna tubuh dominan merah. Oleh karena itu mereka sering disebut sebagai Red Swamp Crayfish.

Procambarus Clarkii dewasa berwarna merah gelap, sedangkan yang muda berwarna merah ke-abu-abuan. Procambarus Clarkii dewasa bisa tumbuh hingga mencapai panjang 20cm.

Red Swamp crayfish diketahui mempunyai toleransi lebar terhadap salinitas air, oleh karena itu mereka bisa dijumpai baik di air tawar maupun air payau. Mereka kerap membuat lubang pada tepi sungai, rawa dan tanggul saluran irigasi.

Jenis crayfish ini di daerah asalnya dijadikan sebagai menu santapan Cajun dan merupakan basis akuakultur di daerah Louisina yang menguntungkan.

Red Swamp Crayfish bersifat sangat agresif, teritorial, dan rakus, sehingga mereka bisa menjadi ancaman bagi hewan lain yang memanfaatkan sumberdaya yang sama. Mereka bahkan mampu bersaing dengan jenis-jenis crayfish lokal.

Sebuah penelitian di Spanyol menunjukkan bahwa mereka mampu mengubah komunitas tumbuhan pada suatu lahan basah disana. Oleh karena itu introduksi mereka ke daerah baru perlu diperhatikan dengan seksama. Sebuah peringatan bahkan pernah dikeluarkan agar red swamp crayfish, jangan sampai masuk ke Australia, karena dapat menyaingi jenis crayfish asli yang ada di negara tersebut.

Peringatan:

“ Jangan pernah mencampurkan red swamp clarkii ini dengan Red Claw atau Yabby, karena Red Swamp Clarkii ini sangat agresif. ”

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Blog Ini

Blog ini memberikan informasi yang lengkap serta praktis tentang dunia lobster air tawar.

Apabila anda ingin mengetahui harga Bibit / Anakan / Indukan Lobster, kunjungi website CLF dibawah ini : http://www.cianjurlat.webs.com/

Dalam website ini, anda dapat mendownload semua bahasan dalam bentuk PDF.

Selamat belajar dan majulah bersama kami.

Apa Blog ini membuat anda puas ?

Blog Archive