Referensi Lengkap Budidaya LOBSTER

Persembahan dari Cianjur Lobster Farm (CLF)

Lobster air tawar pada umumnya dapat hidup pada range parameter air yang lebar. Mereka diketahui toleran terhadap kandungan oksigen terlarut yang sangat rendah, namun untuk tumbuh dan berkembang dengan baik mereka memerlukan kadar oksigen terlarut lebih dari 4 ppm.

Untuk kehidupannya, lobster air tawar tidak perlu harus selalu terendam air. Selama insangnya dapat tetap terjaga selalu lembab, mereka dapat menyerap oksigen langsung dari udara dan dapat hidup dalam keadaan demikian hingga beberapa bulan. Udara yang lembab biasanya sudah cukup untuk mempertahankan insang mereka tetap lembab. Meskipun demikian untuk perkawinan mereka memerlukan dan harus berada didalam air.

Lobster air tawar telah berevolusi untuk dapat hidup dalam cuaca kering. Apabila lahan tempat tinggal mereka kering, lobster air tawar akan menggali lubang sesuai dengan penurunan permukaan air tanah yang terjadi, kemudian menutup lubangnya dengan tumpukan tanah bekas galiannya. (lihat gambar disamping)

Keadaan ini disebut aestivation. Mereka bisa berada dalam keadaan demikian untuk jangka waktu yang sangat lama, hingga air kembali datang ke daerah mereka.

Lobster air tawar biasa hidup di air keruh, karena hal ini sangat menguntungkan bagi mereka agar dapat terhindar dari musuh alaminya. Biasanya mereka hidup pada perairan dengan dasar berlumpur dengan beberapa bebatuan dan potongan cabang tanaman. Berdasarkan penelitian, lobster air tawar yang dipelihara pada lingkungan dengan substrat berbatu dan belumpur memiliki pertumbuhan lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang dipelihara pada substrat buatan seperti plastik.

TEMPERATUR

Lobster air tawar juga toleran terhadap suhu yang sangat dingin mendekati beku hingga suhu diatas 35 °C. Meskipun demikian untuk lobster air tawar pada daerah tropis hendaknya dipelihara pada kisaran suhu 24 - 30° C Pertumbuhan optimum akan dapat dicapai apabila mereka dipelihara pada kisaran suhu 25 -29 °C.

pH dan KESADAHAN

Lobster air tawar hidup pada perairan dengan kisarn pH sedikit alkalin yaitu antara 7 - 9. Mereka jarang dijumpai berada diperairan dengan pH kurang dari 7. Sedangkan kesadahan air yang diperlukan adalah sedang hingga tinggi. Hal ini diperlukan untuk menjaga kandungan kalsium terlarut cukup tinggi untuk menjamin pembentukan cangkang mereka setelah proses molting dengan baik.

KUALITAS AIR LAINNYA

Pengukuran kualitas air yang telah dilakukan menunjukan bahwa di daerah-daerah yang ditempati populasi lobster air tawar di Indonesia, seperti Danau Klarisifet dan Sungai Ayamoro di Kabupaten Wamena, Papua, memiliki kandungan oksigen terlarut (02) berkisar 3-5 ppm, karbondioksida (CO2) 30-44 ppm, keasaman (pH) 6,7-7,8, suhu air 18-22°C, alkalinitas atau kesadahan 82-112 ppm CaCO3, dan ammonia kurang dari 1,2 ppm.

Sementara itu beberapa referensi menunjukan bahwa danau, rawa, atau sungai di Australia memiliki kandungan oksigen terlarut berkisar 3-5 ppm, CO2 50 -60 ppm, pH 6,5 -8,5, suhu air 24-30°C, alkalinitas 100-120 ppm CaCO3, dan amonia 0,2ppm.

Berbagai laporan menunjukkan bahwa lobster air tawar muda cukup sensitive terhadap kadar klorin tinggi. Oleh karena itu sering dianjurkan untuk mengendapkan air terlebih dahulu sebelum digunakan.

Lobster air tawar diketahui pula dapat mengakumulasikan merkuri (Hg) dalam tubuhnya sehingga mereka sering dijadikan sebagai indikator pencemaran lingkungan.

Lobster air tawar juga sensitif terhadap pestidida, terutama dari golongan organoklorin, begitu pula dengan residu-residu minyak. Hal ini hendaknya menjadi perhatikan bagi mereka yang ingin membudidayakan lobster air tawar secara terbuka, agar terlebih dahulu memeriksa dengan seksama sumber air yang akan digunakan.

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Blog Ini

Blog ini memberikan informasi yang lengkap serta praktis tentang dunia lobster air tawar.

Apabila anda ingin mengetahui harga Bibit / Anakan / Indukan Lobster, kunjungi website CLF dibawah ini : http://www.cianjurlat.webs.com/

Dalam website ini, anda dapat mendownload semua bahasan dalam bentuk PDF.

Selamat belajar dan majulah bersama kami.

Apa Blog ini membuat anda puas ?

Blog Archive