Referensi Lengkap Budidaya LOBSTER

Persembahan dari Cianjur Lobster Farm (CLF)

AKUARIUM
Karena ukurannya yang tidak terlalu besar, akuarium hanya cocok sebagai tempat pembenihan, bukan sebagai tempat pembesaran.

Dalam pemeliharaan 1 set indukan (5 betina dan 3 jantan), persiapkan beberapa akuarium, dimana setiap akuarium memiliki fungsi sebagai tempat penempatan calon indukan, tempat pengeraman/penetasan dan tempat pembesaran anakan.

AERATOR
Aerator berfungsi untuk mensupply oksigen ke dalam akuarium. Jika pada tempat pemeliharaan lainnya terdapat air yang mengalir maka airator tidak mutlak diperlukan.

SHELTER
Lobster air tawar memerlukan shelter / tempat persembunyian yang cukup, karena pada siang hari mereka lebih banyak berdiam diri. Shelter juga diperlukan untuk tempat persembunyian pada saat lobster air tawar memulihkan diri setelah mengalami penggantian kulit (molting). Beberapa shelter yang sering digunakan oleh para pembudidaya lobster air tawar ini:

Batu Bata / Roster
Tempat persembunyian yang sering digunakan baik untuk pembenihan maupun pembesaran hingga ukuran konsumsi. Untuk penggunaan didalam akuarium, sebaiknya jangan terlalu banyak karena berat roster akan bertambah jika terendamair. Roster juga rapuh bila dipergunakan dalam jangka waktu yang lama. Roster dapat diperoleh dari toko bangunan seharga Rp 2000,00 - Rp 3000,00

Tatakan Telur
Tatakan Telur Dipilih yang terbuat dari plastik, karena kalau memakai yang terbuat dari kertas, mudah rusak.

Paranet / Waring
Biasanya paranet digunakan untuk tempat persembunyian anak lobster air tawar yang baru lahir. Paranet bisa dipotong sepanjang 0,5m jika digunakan pada kolam pendek atau pada akuarium dengan tinggi 20-30cm. Di bagian tengah paranet diberi pemberat sehingga pada saat dimasukkan kedalam air, akan mengembang. Paranet juga dapat diikat seperti jala bertingkat.

Pipa Pralon
Beberapa hal yang perlu dicermati dalam penggunaan pipa pralon ini :
  • pilih pipa pralon berbahan PVC, bukan PE (karena pipa berbahan PE tidak dapat tenggelam) untuk anakan, gunakan pipa
  • diameter 0,25-0,5", panjang 5 cm untuk indukan / konsumsi, gunakan
  • pipa berdiamter 2" keatas, dengan panjang 15-20cm
  • setelah pipa pralon dipotong sesuai ukuran dan dilem, jangan langsung digunakan, sebaiknya direndam dahulu selama 1-2 hari untuk mengeluarkan semua zat kimia yang digunakan pada proses pembuatan pipa tersebut.

Tanaman Air

Tanaman air seperti eceng gondok sangat baik digunakan untuk shelter, karena bias menghasilkan makanan dan sumber oksigen bagi anak lobster air tawar.

Selain sebagai media sembunyian tanaman air ini juga dapat menyerap racun yang terkandung dalam air. Dalam pengunaan slada air (pistia) anakan LAT mempunyai pertumbuhan yang lebih baik dibandingkan dengan kolam yang tanpa diberi tanam sayur tersebut (Jones, 1995).

BOX FILTER

Sebaiknya dilengkapi juga dengan batu zeolit (berfungsi untuk menyerap kandungan ammonia dalam air) serta batu arang (untuk menjernihkan air). Dengan adanya box filter ini, air yang ada akan menjadi bersih dan tidak terlalu banyak mengandung ammonia.

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Blog Ini

Blog ini memberikan informasi yang lengkap serta praktis tentang dunia lobster air tawar.

Apabila anda ingin mengetahui harga Bibit / Anakan / Indukan Lobster, kunjungi website CLF dibawah ini : http://www.cianjurlat.webs.com/

Dalam website ini, anda dapat mendownload semua bahasan dalam bentuk PDF.

Selamat belajar dan majulah bersama kami.

Apa Blog ini membuat anda puas ?

Blog Archive