Referensi Lengkap Budidaya LOBSTER

Persembahan dari Cianjur Lobster Farm (CLF)

BERDASARKAN JENIS KELAMIN

Lobster air tawar merupakan spesies dimorfis, yakni terdiri dari jenis kelamin jantan dan betina. Jenis kelamin jantan dan betina dapat dibedakan secara pasti jika telah mencapai usia 2 bulan dengan panjang total rata- rata 5 s/d 7cm.

Ciri- ciri utama yang membedakan jenis kelamin lobster air tawar adalah:
Lobster air tawar jantan memiliki tonjolan di dasar tangkai kaki jalan ke-5 jika penghitungan dimulai dari kaki jalan dibawah mulut, sedangkan lobster air tawar betina memiliki lubang bulat yang terletak di dasar kaki ke-3.
Ada dua cara lainnya untuk membedakan jenis kelamin lobster air tawar ini yaitu:

1. Ukuran capit.
Lobster air tawar jantan memiliki ukuran capit 2-3 kali lebar buku pertama (tangkai capit) sedangkan pada lobster air tawar betina memiliki ukuran capit yang sama atau 1,5 kali buku pertama.

2. Warna tubuh.
warna tubuh lobster air tawar jantan lebih cerah dibandingkan dengan warna dasar tubuh lobster air tawar, dengan catatan wadah dan perlakuan yang diberikan dalam tahap pemeliharaan sama. Jika perbandingan ini dilakukan dalam lingkungan pemeliharaan yang berbeda, kecerahan dan tingkat ketajaman dari warna dasar itu akan berbeda pula. Warna pigmen dalam cangkang tubuh sangat dipengaruhi oleh warna air, jenis pakan, dan kandungan dasar pigmen yang dimiliki.

BERDASARKAN UMUR
Umumnya lobster air tawar mencapai ukuran rata-rata 100gram setelah berumur 7-8 bulan. Meskipun demikian ukuran tersebut sangat tergantung pada berbagai faktor, yakni
  • jenis dan kandungan protein yang diberikan selama pemeliharaan
  • kondisi lingkungan seperti suhu, oksigen terlarut, pH, alkalinitas, populasi, pengunaan arus deras dalam kolam, ketinggian air
  • keberadaan indukan jantan dan betina dalam suatu wadah pemeliharaan Untuk menghasilkan calon indukan yang baik diperlukan seleksi ukuran panjang total yang didasarkan pada umur dalam wadah pemeliharaan. Kriteria seleksi yang harus dilakukan baik untuk memperoleh calon induk jantan maupun betina adalah dengan mengambil patokan 25% dari individu dalam populasi sebanyak 3 kali.

Sebagai contohnya
Jika diperoleh 100 ekor lobster air tawar yang berasal dari pasar atau toko ikan hias perlu ditanyakan umur dan hasil tangkapan atau hasil produksi sendiri. Jika lobster yang diperoleh merupakan hasil produksi sendiri dan berumur 2-3 bulan, lakukan pengukuran panjang total dari setiap ekor hingga diperoleh nilai rata- rata, kemudian dari patokan nilai rata-rata itu, ambil 25% yang memiliki ukuran panjang total tertinggi (yang memiliki ukuran diatas nilai rata-rata). Kegiatan ini dilakukan berulang sebanyak 3 kali.

Salah satu contoh konkret dalam memperoleh calon indukyang baik adalah pengalaman dari Australia sebagai berikut:
  • Sebanyak 10.000 ekor benih lobster air tawar berusia 15 hari ditebarkan kedalam kolam tanah dengan luas 1.000 m2 dengan kedalaman air 50cm.
  • Setelah dipelihara selama 2 bulan dan diberi pakan berupa pelet komersial dilakukan permanen.
  • Jumlah rata-rata hasil panen sekitar 60% atau 6.000 ekor dengan ukuran rata-rata 9,2 gram.
  • 50% dari individu yang berukuran diatas 9,2 gram ditebarkan kembali ke kolam yang sama. Nilai rata-rata yang ditebarkan berkisar 10,8 gr dengan jumlah 3000 ekor.
  • Setelah pemeliharan kedua dilaksanakan, lobster air tawar dipanen kembali dan dilakukan pengukuran nilai rata-ratanya.Jumlah yang diperoleh dari hasil panen sekitar 2000 ekor dengan nilai rata-rata 16,8 gr.
  • Seleksi kembali dilakukan hingga diperoleh 25% lobster yang memiliki nilai rata-rata subpopulasi 18,1 gr dan ditebarkan ke kolam yang sama dengan jumlah 500 ekor.
  • Setelah pemeliharaan mencapai 2 bulan atau 6 bulan dari kegiatan awal, dilakukan pemanenan, seleksi kelamin dan pengukuran panjang total.
  • Jumlah benih yang diperoleh dari hasil panen sebanyak 162 ekor jantan dan 122 ekor betina kemudian ditebarkan kedalam kolam yang terpisah untuk dijadikan calon induk. Nilai rata-rata populasi adalah 22,4 gram

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Blog Ini

Blog ini memberikan informasi yang lengkap serta praktis tentang dunia lobster air tawar.

Apabila anda ingin mengetahui harga Bibit / Anakan / Indukan Lobster, kunjungi website CLF dibawah ini : http://www.cianjurlat.webs.com/

Dalam website ini, anda dapat mendownload semua bahasan dalam bentuk PDF.

Selamat belajar dan majulah bersama kami.

Apa Blog ini membuat anda puas ?

Blog Archive