Referensi Lengkap Budidaya LOBSTER

Persembahan dari Cianjur Lobster Farm (CLF)

 TEKNIK PENGELOLAAN INDUKAN

 
Standar indukan lobster air tawar unggulan dapat dicapai dengan baik jika dilaksanakan seleksi secara individual dari populasi calon induk jantan dan betina yang telah dipelihara secara terpisah serta dilakukan pengelolaan.

 
Cormack (1994) menyatakan bahwa lobster air tawar yang dapat diunggulkan sebagai indukan harus berumur 6-7 bulan, belum mengalami reproduksi dan memiliki panjang tubuh total lebih dari 20 cm. Hal ini disebabkan ada korelasi positif antara jumlah telur dalam satu individu dan ukuran panjang total, yakni semakin panjang induk semakin banyak telur y ang diperoleh dalam kondisi lingkungan yang sama.

 
Sementara itu, dalam kegiatan domestikasi lobster air tawar alam, Sekali lagi, beberapa kriteria yang harus diperhatikan untuk memperoleh indukan lobster air tawar yang berkualitas adalah:
  • bentuk dan ukuran wadah
  • tingkat kepadatan awal saat penebaran
  • kualitas air dalam dalam wadah
  • pengendalian hama dan penyakit
Dalam usaha untuk mendapatkan indukan lobster air tawar Cerax Quadricarinatus, Cherax Destructor dan Clarkii, Lobsterku Crayfish Farm menggunakan wadah fiberglass berdiameter 1 m dan akuarium berukuran 40x30x30 cm yang dilengkapi aerator dan PVC 0,5 inci.

 
Kandungan oksigen terlarut dalam air diupayakan hingga lebih dari 3 ppm CaCO3, kandungan amonia kurang dari 1 ppm. Standar kualitas air yang digunakan sama dengan standar kualitas air pada spesies asal Australia.

 
Cormack (1994) dan Jones ( 1994) menyatakan bahwa pakan yang diberikan kepada induk lobster air tawar sebaiknya memiliki kandungan protein berkisar 40% dan karbohidrat 10-15%. Mengapa demikian?

 
Karena komposisi protein dan karbohidrat didalam pakan tersebut dapat memberikan peluang tinggi dalam memperoleh jumlah lobster yang banyak dengan kualitas telur tinggi.

 
Dalam pengelolaan induk lobster air tawar, Lobsterku Crayfish Farm memberikan pakan berupa udang yang dicincang ditambah hancuran pelet komersial dengan frekuensi pemberian pakan 2 kali perhari. Untuk menghindari tingginya kematian induk akibat tingkah laku kanibal, presentasi pakan yang diberikan lebih banyak pada malam hari (75%) dibanding dengan pagi hari (25%).

 

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Blog Ini

Blog ini memberikan informasi yang lengkap serta praktis tentang dunia lobster air tawar.

Apabila anda ingin mengetahui harga Bibit / Anakan / Indukan Lobster, kunjungi website CLF dibawah ini : http://www.cianjurlat.webs.com/

Dalam website ini, anda dapat mendownload semua bahasan dalam bentuk PDF.

Selamat belajar dan majulah bersama kami.

Apa Blog ini membuat anda puas ?

Blog Archive